Jumat, 23 Oktober 2015

Email llient mengagumkan dari pencipta Firefox

Thunderbird adalah sebuah email client untuk desktopyang dikembangkan oleh developerFirefox dan menjadi alternatif selain Microsoft Outlook.
Thunderbird adalah solusi gratis milik Mozilla dan telah mendapatkan banyak penghargaan dalam mengelola email Anda dengan lebih efisien. Banyak keuntungan yang akan didapat dengan beralih ke aplikasi ini. Sebagai contoh tak seperti Mail, ia dapat menangani identitas virtual dan membuat alamat on-the-fly dan dianggap memiliki salah satu penyaring spam terbaik. Baru-baru ini, Thunderbird telah diperbarui dengan sebuah antarmuka ber-tab yang apik guna memudahkan Anda dalam mengelola email.
Seperti Mozilla yang menjadi favorit saya, Thunderbird dapat diperkaya dengan berbagai macam ekstensi yang membuatnya menjadi email client yang kompetitif. Ia kini juga lebih cepat dan stabil dibandingkan sebelumnya berkat Gecko 5 engine.
Pengaturan
Mengatur Mozilla Thunderbird sangatlah mudah. Anda dapat dengan cepat mengimpor email dan kontak Anda dari akun Outlook atau Mail dan mengatur akun POP3, IMAP atau SMTP dalam sekejap. Agar selalu terorganisir, Mozilla Thunderbird menawarkan penyaring yang memasukkan email Anda ke folder-folder terpisah dan kotak masuk. Dan tentunya terdapat spell checker terpadu untuk memastikan email Anda tersusun dengan baik.
Yang membuat Mozilla Thunderbird sedikit unik adalah fakta bahwa ia memiliki RSS reader terintegrasi. Saat ini fitur ini terkesan sedikit kuno karena sebagian besar orang menggunakan aplikasi terpisah - atau bahkan Firefox itu sendiri - untuk mengikuti umpan RSS namun mungkin berguna jika Anda hanya ingin berkirim email dan mengikuti umpan RSS pada saat yang bersamaan saat menyusun email.
Mencari email Anda
Tool pencarian pada Thunderbird sangat mengesankan dan dilakukan secara real time saat Anda mengetik. Hasil pencarian ditampilkan pada tab terpisah. Pada dasarnya tab adalah bagian yang penting dari Thunderbird dan layaknya Firefox, Anda dapat membuka beberapa pesan dalam tab-tab terpisah. Ini merupakan fitur fantastis yang dimiliki Thunderbird meski hal ini mungkin membuat Anda tergoda untuk membuka email terlalu banyak sekaligus. Pengarsipan juga menjadi fitur praktis lain bagi mereka yang tidak ingin menghapus email namun hendak mengosongkan ruang pada kotak masuk mereka.
Bagaimana dengan keamanan? Anda mungkin berpikir sebuah email client open-source pastinya akan lebih rentan dibandingkan aplikasi berbayar. Namun di luar dugaan, Thunderbird memiliki kemanan yang baik dengan penyaring spam mumpuni. Alasan dari hal ini adalah Thunderbird selalu diperbarui secara berkala dan diciptakan oleh para sukarelawan yang memiliki tujuan utama menciptakan produk yang lebih baik daripada mengambil profit dari produk tersebut. Pembaruan keamanannya dilakukan berkala dalam skala kecil guna mencegah slow-down.
Dukungan Exchange
Salah satu daya tarik utama dari Mozilla Thunderbird adalah ia menawarkan dukungan Microsoft Exchange, yang menjadikannya menarik bagi para pengguna Office yang sebelumnya cenderung meremehkannya.
Sisi negatifnya, aplikasi ini memiliki kekurangan di beberapa area. Thunderbird masih belum memiliki tampilan email ala percakapan layaknya Gmail (meski tersedia ekstensi untuk ini yang dapat diunduh terpisah) dan opsi yang terbatas untuk mengelola attachment dan foto. Juga tidak terdapat kalender namun sekali lagi, fitur ini dapat diunduh secara terpisah dengan nama "Lightning".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar